Rabu, 09 April 2014

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Tidak semua orang tentunya akan mengetahui berbagai manfaat daun sirih untuk kesehatan, terlebih bagi mereka yang memang terlahir di area perkotaan dan di jaman yang sudah modern seperti sekarang ini. Berbeda dengan para nenek moyang kita yang biasanya menggunakan berbagai macam bahan alami untuk menjaga kesehatan mereka, termasuk menggunakan daun sirih untuk bahan pengobatan bagi beberapa penyakit dan juga permasalaan yang terdapat di tubuh. Karena pada jaman dahulu memang tidak terdapat berbagai macam obat-obatan medis yang mudah ditemukan seperti sekarang ini, sehingga berbagai macam bahan alami selalu menjadi andalan bagi para orang tua yang hidup di jaman dahulu.

Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Dan pengobatan herbal tersebut memang masih digunakan hingga saat ini secara turun temurun, namun sayangnya hingga saat ini hanya segelintir orang yang mengetahui dan masih menggunakan metode pengobatan tradisional tersebut. Dan berbagai bahan alami yang digunakan tersebut tentunya memiliki kandungan dan manfaat masing-masing, seperti salah satunya adalah daun sirih.

Dan berikut ini adalah beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan yang dapat kita ketahui bersama


Manfaat daun sirih untuk kesehatan yang pertama adalah dapat membantu menurunkan tekanan darah pada penyakit hipertensi, hal tersebut karena di dalam daun sirih tersebut terdapat berbagai kandungan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Caranya pun cukup mudah, siapkan sekitar 5 lembar daun sirih yang telah di cuci bersih terlebih dahulu sebelumnya, kemudian rebus dengan sekitar 4 gelas air bersih. Biarkan air rebusan tersebut mendidih dan menyusut hingga menjadi dua gelas lalu tiriskan, setelah dingin, minumlah dua kali sehari air rebusan tersebut sebanyak satu gelas setiap minum pada pagi dan malam hari.

Manfaat daun sirih untuk kesehatan lainnya yaitu dapat mengatasi permaslahan keputihan pada wanita, karena di dalam daun sirih terdapat kandungan anti jamur, anti oksidasi, dan juga kavikol yang dapat membunuh berbagai kuman dan bakteri. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan 10 hingga 15 lembar daun sirih yang telah dibersihkan terlebih dahulu sebelumnya kemudian rebus dengan air bersih sebanyak 2½ liter. Biarkan hingga mendidih lalu tuangkan pada ember besar atau jolang dan campurkan dengan air dingin hingga terasa hangat, bersihkan dan rendam organ kewanitaan selama beberapa saat hingga biasanya air akan berubah warna karena kotoran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar